Sat. Aug 20th, 2022

Wortel merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemukan dan diolah dalam banyak masakan. Biasanya wortel juga dapat dibuat menjadi jus yang dipercaya dapat untuk membuat mata lebih sehat dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. Anda juga bisa mengonsumsi wortel secara langsung bagi yang tidak ingin ribet atau tidak suka rasa jus wortel yang cair. Karena mempunyai banyak manfaat, ketika mempunyai wortel maka pastikan untuk menyimpannya dengan baik. Dengan menyimpannya dengan tepat akan bisa membuat daya tahan wortel lebih lama bahkan bisa tahan hingga 1 bulan. Beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk menyimpan wortel dengan tepat agar lebih tahan lama adalah:

Jangan Dicuci Terlebih Dahulu

Wortel sama seperti banyak sayuran dan buah yang akan disimpan juga tidak perlu untuk dicuci terlebih dahulu. ketika akan menyimpan wortel baik di suhu ruangan maupun di lemari es tidak perlu untuk dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu. Cara penyimpanan yang tepat adalah dengan memotong bagian daun wortel yang ada di atasnya setelah membeli wortel. Setelah itu bisa untuk langsung menyimpannya tanpa harus mencucinya. Karena apabila mencucinya terlebih dahulu justru akan membuat wortel menjadi lembab dan menyebabkan cepat busuk.

Simpan di Lemari Es

Cara mudah agar membuat wortel tahan lama adalah dengan menyimpannya di dalam lemari es. Menyimpan di kulkas memang merupakan hal yang mudah untuk membuat suatu bahan dapat lebih tahan lama atau bisa dikonsumsi kembali. Termasuk juga wortel yang perlu untuk disimpan di dalam kulkas yang dapat membuat daya simpannya lebih lama. Akan tetapi penting untuk memperhatikan tips seperti di atas yaitu tidak perlu dicuci terlebih dahulu ketika akan menyimpannya di dalam lemari es. Selain itu juga jauhkan bawah ini dengan buah lainnya seperti apel, pir, kentang, dan juga jenis buah dan sayuran lain yang dapat membuat wortel cepat busuk bahkan juga merubah rasanya menjadi lebih pahit.

Diinginkan di Dalam Air

Cara menyimpannya selanjutnya adalah dengan mendinginkannya di dalam air. Cara ini bisa digunakan untuk penyimpanan wortel juga di dalam kulkas. Caranya juga mudah yaitu dengan menyimpan wortel ke dalam mangkuk besar dan kemudian tambahkan dengan air bersih. Jangan sampai untuk menuangkan air dengan penuh karena akan diisi dengan wortel. Agar membuat kualitas wortel tetap baik apabila disimpan dengan cara ini bisa untuk mengganti airnya secara rutin. Menyimpan dengan cair ini juga dapat membuat wortel tetap renyah dan rasanya tetap manis apabila dikonsumsi.

Masak di Microwave Lebih Dahulu

Agar penyimpanan wortel lebih lama bisa juga untuk dimasak terlebih dahulu. Bagi yang mempunyai microwave bisa untuk memasaknya terlebih dahulu. Caranya juga mudah yaitu dengan membersihkan wortel terlebih dahulu ketika membelinya. Setelahnya masukkan wortel ke dalam microwave dengan air mendidih. Masak sekitar 8 menit saja sebelum akan disimpan ke dalam kulkas sehingga membuatnya lebih tahan lama.

Selain cara tersebut juga masih banyak cara lainnya untuk mendapatkan wortel yang lebih tahan lama. Seperti dengan membekukannya terlebih dahulu, mencacah wortel sebelum dimasukkan ke kulkas, hingga mengeringkan wortel. Selain cara penyimpannya, penting juga memperhatikan untuk memilih wortel yang masih segar sehingga dapat untuk membuat daya tahannya lebih lama. Untuk mendapatkan wortel segar yang bisa tahan lama tersebut bisa membelinya dari TaniHub yang produknya dijamin segar dengan harga kompetitif dengan banyak diskon yang bisa digunakan.

By Zahwa